August 1, 2016

DIY Cactus Ring Holder

IMG_2261
Ceritanya mau bikin postingan lain nih, selain 52 project, tapi nggak sempet foto-foto waktu lagi bikin project DIY ini. Dideskripsikan aja, ya...

Suatu hari kepikiran pengen bikin tempat kecil untuk nyimpan cincin yang sebenernya nggak banyak-banyak juga sih, tapi suka sebel waktu ribet ngambilnya di wadah. Akhirnya kepikiran untuk balik lagi ke mainan lama; clay! Jadi, dulu saya pernah bikin sugar skull (lihat di sini deh) yang bisa dijadiin jepit rambut atau bros. Jarang banget dipakai juga sih, malah ada yang masih polos dan belum dicat. Sempet mau bikin lagi dan nyoba beli clay dengan merk lain. Tapi namanya juga saya, itu clay nganggur aja di lemari sampai akhirnya saya kepikiran untuk bikin kaktus kecil ini.

Karena merknya beda dan kayaknya emang buat anak-anak, clay-nya emang ringan banget, mudah banget dibentuk, dan nggak terlalu bikin tangan kotor. Saya pikir nanti setelah kering bakalan agak berat, ternyata enggak ya, tetep aja ringan banget. Ya gimana mau dijadiin ring holder kalau enteng begitu. Jadi, kaktus pertama saya anggap sebagai prototype. Hahaha. Akhirnya beli lagi yang merk DAS, my old friend… Begitu dibuka, saya langsung endus wanginya. Aneh sih sebenernya, tapi familiar. Eh, lebih aneh lagi waktu Jumat kemarin cuci tangan di kamar mandi deket Starbucks Senayan City dan sabun cuci tangannya wanginya kayak clay ini. Beneran mirip. Urgh.
IMG_2133

Anyway, tadinya mau bikin pot juga tapi ancur-ancuran terus jadinya saya bikin alasnya pipih gitu aja. Padahal kalau ada potnya, ceritanya mau ditambahin kerikil di dalamnya, kayak di pot yang pertama. L Berhubung lebih berat, agak susah juga bikin cabang kaktusnya. Nggak kayak yang pertama, tinggal tempel, nggak jatuh-jatuh lagi. Dengan yang ini saya bikin bagian bawah batang utamanya agak lebih tebal dan biarkan dulu mengering sedikit. Baru deh ditambahin cabangnya dengan bantuan air dan tusuk gigi, serta tambahan sedikit clay supaya bisa menempel. Beberapa kali mau jatuh. Tapi untung saya anaknya sabar. Haha dusta.
  IMG_2244IMG_2240
Polymer clay ini sebenernya bisa dibakar di oven supaya lebih kuat. Bisa juga dibiarkan mengering sendiri, tapi tentunya butuh waktu. Karena saya lagi males ngeluarin oven listrik Mama cuma buat ngebakar satu kaktus ini, saya simpan aja di kamar dan diamkan selama dua hari. Kalau udah benar-benar kering, warnanya akan lebih putih daripada sebelumnya. Terus baru deh dicat pakai akrilik. Saya sempet ragu tapi akhirnya memutuskan untuk nambahin garis-garis putih sebagai sentuhan akhir (halah). Jadi deh... 
  Cactus ring holder


Nah, sekarang saya tinggal nambahin koleksi cincinnya aja... 

0 comments:

Post a Comment

Read the Printed Word!